Manfaat Alfa Tokoferol Atau Vitamin E

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Manfaat Alfa Tokoferol Atau Vitamin E

Admin Ganteng
Tuesday, February 16, 2021

 
Vitamin E atau Alfa tokoferol merupakan vitamin yang berfungsi untuk memelihara kesehatan kulit, kesuburan organ reproduksi, sel darah, mata, serta otak. Alfa tokoferol tidak dapat dihasilkan oleh tubuh sehingga untuk memperolehnya harus mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung Alfa tokoferol. Sumber Alfa tokoferol terdapat pada beberapa jenis makanan. Yakni sayur hijau, Beberapa sayur hijau yang diketahui mengandung Alfa tokoferol adalah brokoli dan bayam. Selain mengandung Alfa tokoferol juga mengandung vitamin K, vitamin A, vitamin C, kalsium dan antioksidan. Selanjutnya kacang-kacangan. Contoh jenis kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang kedelai. Lalu buah-buahan juga memiliki kandungan Alfa tokoferol beberapa diantaranya seperti alpukat, mangga, dan kiwi. Satu buah kiwi mengandung 1 mg Alfa tokoferol.

Terdapat beberapa manfaat Alfa tokoferol bagi kesehatan tubuh, diantaranya berikut ini.

Pertama, Alfa tokoferol memiliki kandungan antioksidan. Alfa tokoferol merupakan vitamin yang di dalamnya terkandung antioksidan yang tinggi. Zat ini berperan untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh seseorang. 

Kedua ialah Alfa tokoferol dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Alfa tokoferol diketahui juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang sehingga tubuh dapat kuat untuk melawan virus dan bakteri penyebab infeksi. Alfa tokoferol juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih pada tubuh terutama limfosit. 

Ketiga Alfa tokoferol dapat memeilhara saraf dan otak. Manfaat Alfa tokoferol yang tak kalah penting ialah dapat menjaga fungsi otak dan saraf. Asupan Alfa tokoferol yang mencukupi, baik bersumber dari makanan ataupun suplemen, dapat mencegah seseorang dari penyakit amnesia atau pikun. 

Keempat ialah menjaga kesehatan kulit. Alfa tokoferol ternyata memiliki beragam manfaat untuk kulit. Vitamin E mencegah kerusakan pada jaringan kulit karena adanya efek antioksidannya. Vitamin ini juga bisa membantu mengencangkan dan melembabkan kulit sehingga kulit tidak mudah kusut, kusam, kering. Alfa tokoferol juga mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus pada wajah. Dalam beberapa penelitian ahli juga mengatakan bahwa vitamin E diduga dapat mengurangi risiko penyakit kanker, jantung, dan penyakit mata akibat penuaan. 

Meskipun Alfa tokoferol memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia, namun adakalanya vitamin ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan Indonesia, anjuran jumlah asupan vitamin E pada anak-anak berkisar 4-7 mg atau biasanya setara dengan 8-15 IU perhari. Sedangkan jumah asupan vitamin E pada orang dewasa dianjurkan antara 15-19 mg. atau biasanya berkisar antara 20-35 IU per hari.  

Tidak baik jika mengkonsumsi Alfa tokoferol secara berlebihan. Berikut ini beberapa efek samping yang ditimbulkan ketika berlebihan dalam mengkonsumsi Alfa tokoferol. Pertama adalah meningkatkan risiko osteoporosis. Kadar Alfa tokoferol yang terlalu tinggi akan dapat meningkatkan efek alfa tokoferol. Mengkonsumsi suplemen Alfa tokoferol secara berlebihan justru malah menimbulkan pembengkakan pada bibir, lidah, serta wajah. Yang ketiga adalah meningkatkan risiko penyakit stroke. Mengkonsumsi Alfa tokoferol dengan dosis yang tinggi dalam jangka waktu setiap hari dapat meningkatkan risiko stroke sampai 22 persen.

Dimana Anda Bisa Menemukan Vitamin E Yang Recommended?
Salah satu situs yang menyediakan Vitamin E yaitu ada di Pyfa Health, disana ada banyak sekali pilihan varian untuk vitamin E. Anda tidak perlu ragu untuk membeli berbagai kebutuhan suplemen ataupun vitamin, karena ini merupakan tempat yang sangat tepat untuk Anda. produk yang diberikan juga sangat terpercaya dan Anda tidak perlu takut membelinya. Langsung saja jika Anda ingin membeli vitamin E ke pyfahealth.com dan temukan vitamin yang recommended disana.